Manfaat Wasserwagen

Adalah perangkat transformasi dipasang di mobil yang mengekstrak air menjadi suplemen bensin/solar agar pembakaran lebih sempurna dan bebas polusi.
Hasil yg didapatkan dari Wasserwagen :
1.Meningkatkan efisiensi BBM pada mobil hingga 30% baik dalam maupun luar kota.
2. Menghilangkan gas berbahaya dari knalpot yg bisa mencemari lingkungan, justru mesin menghasilkan oksigen.
3. Tenaga dan performansi mesin meningkat.
4. Membuang kerak di ruang bakar dan menghindari terbentuknya kerak karena pembakaran yg semakin sempurna.
5. Menurunkan suhu mesin karena mesin bekerja lebih efisien sehingga bumi lebih sejuk.
6. Mesin lebih halus, getaran berkurang, dan perpindahan gigi lebih nyaman.
7. Umur mesin lebih panjang terutama piston dan klep.
8. Anda lebih bangga karena mobil anda telah turut serta melestarikan bumi tercinta.

Jumat, Juli 25, 2008

Tips hemat BBM, beli BBM waktu subuh...dingiiin..



Sewaktu kita membeli gasoline di SPBU, transaksinya secara volume. Sedangkan pada saat pembakaran di dalam mesin, satuan reaksinya adalah dalam molekul atau berat.
Sebagaimana diketahui, density suatu cairan akan semakin rendah pada temperatur yang semakin tinggi.
Density adalah perbandingan berat terhadap satuan volume tertentu. Jadi, semakin rendah density, semakin kurang berat cairan dalam satuan volume.
Sebagai contoh:
Density gasoline pada 15.55 C = 0.74 kg/l (standard)
pada 25 C = 0.731 kg/l
pada 30 C = 0.727 kg/l
Secara perhitungan sederhana dengan harga bensin Rp.6000/L, perbandingan pengisian bensin pada suhu 30 C terhadap 25 C akan menyebabkan perbedaan ukuran 0.00625 L per 1 L terukur, atau setara dengan perbedaan Rp. 37,-/L.

Dan suhu 30 C terhadap 15 C menyebabkan perbedaan sekitar 0.02 L per 1 L. = Rp 120,-/L

Maka bila kita isi bensin sebanyak 20L di siang hari, maka terdapat perbedaan sekitar Rp 2400,- dibandingkan bila mengisi di waktu subuh.


Sedangkan untuk ruang kosong di tanki, semakin besar volume kosongnya (di atas permukaan cairan) akan menyebabkan semakin banyak komponen bensin menguap ke dalam ruang kosong tersebut. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan uap cairan, yang akan semakin meningkat pada suhu tinggi. Akan tetapi bila suhu kembali ke kondisi awal, maka sebagian komponen bensin yang menguap akan mencair seperti semula (setimbang).


Selain itu faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah luas permukaan cairan dalam tanki. Bila permukaan semakin luas, akan semakin mudah menguap, begitu sebaliknya.
Pada waktu tangki kosong cukup besar, terus tutup tanki dibuka, maka sebagian uap bensin yang ada dalam tanki akan keluar karena beda tekanan.

Kesimpulannya :
1. Isilah bensin pada saat suhu bensin di tangki POM SPBU sekitar 15 C atau subuh.
2. Jangan biarkan tangki bensin mobil anda kosong, segera isi kembali bila sisa setengah.
Lebih baik sekarang daripada nanti, toh tetap kita harus ngisi bensin.

2 komentar:

nugroz mengatakan...

nambahin aja pastikan isi BBM di SPBU Pasti Pas ato SPBU COCO

Depot Rumah mengatakan...

Betul sekali pak, di Indonesia baru ada 500 unit SPBU yg bertanda PASTI PAS.
Usahakan mengisi di SPBU PASTI PAS.
Syukurlah Pertamina sudah mulai aware terhadap kompetisi. Tidak selamanya kompetisi itu buruk, justru membuat perusahaan lebih hidup dan do-the-best untuk customernya.
Yang kurang pas itu kalau swastanisasi.. hiks3x... gaji dan bonus kita tak seindah dulu lagi.. maklum, Indosat dah dijual.